Home » » Buku Pedoman Pengembangan Tes Terstandar, Buku Panduan Penulisan Kisi-Kisi dan Soal USM/USBN Tahun 2017

Buku Pedoman Pengembangan Tes Terstandar, Buku Panduan Penulisan Kisi-Kisi dan Soal USM/USBN Tahun 2017

Penilaian merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan yang berfungsi untuk mengetahui perkembangan dan tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik dalam kaitannya dengan ketercapaian standar nasional. Penilaian memerlukan data yang baik. Salah satu sumber data itu adalah hasil pengukuran. Pengukuran merupakan suatu proses pemberian angka terhadap hasil kegiatan pembelajaran. Kegiatan pengukuran proses dan hasil pembelajaran pada satuan pendidikan biasanya dilakukan melalui tes prestasi akademik. Tes sebagai alat ukur agar dapat memberikan informasi yang tepat, perlu dirancang secara terstandar sesuai dengan tujuannya dan perlu dipersiapkan sebaik-baiknya sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunannya. Kebijakan penilaian hasil belajar tahun 2017 oleh pemerintah untuk tingkat SD dilakukan melalui ujian sekolah madrasah (US/M), sedangkan untuk tingkat SMP selain menggunakan ujian nasional untuk 4 (empat) mata pelajaran, juga dilakukan melalui ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk mata pelajaran tertentu (PPKn dan IPS). Pengembangan soal untuk US/M dilakukan oleh tim KKG di tingkat kabupaten/kota, sedangkan untuk USBN dilakukan oleh tim MGMP di tingkat kabupaten/kota. Ke dua bentuk ujian sekolah ini mengacu pada blueprint/kisi-kisi dari pusat dan pada proses perakitannya ada 25% soal dari pusat yang akan menjadi acuan standar yang sama untuk setiap provinsi. 

Berkaitan dengan kebijakan tersebut, maka untuk mendapatkan soal soal yang baik untuk dirakit menjadi tes terstandar, maka para pengembang soal perlu dibekali dengan teknik-teknik pengembangan soal yang baik sehingga soal yang dibuat akan menghasilkan informasi yang bermakna bagi pengambil kebijakan.

Berikut buku pedoman pengembangan tes terstandar beserta buku panduan penulisan kisi-kisi dan soal USM/USBN Tahun 2017 :



0 komentar:

Posting Komentar

Foto Kegiatan





 
Copyright ©
Created By Sora Templates & Free Blogger Templates
Redesign by I-Tronik